APA ITU CLEAN AGENT ?

Apa itu Clean Agent ?

Istilah Clean agent terkait dengan kemampuan untuk digunakan dalam pemadaman kebakaran dan tidak meninggalkan residu. Semuanya dirancang untuk memadamkan api, memiliki Ozone Depletion Potential (ODP) nol dan merupakan alat pemadam kebakaran gas non-konduktor listrik yang tidak meninggalkan residu saat penguapan.

Clean agent biasanya terlihat di industri sebagai Halokarbon, gas Inert dan CO2*.

Bagaimana mereka bekerja?

Sebagian besar dari kita tahu tentang segitiga api dasar: panas, oksigen, dan bahan bakar. Tetapi ketika kita berbicara tentang Clean Agent, dan khususnya halokarbon, kita perlu memasukkan tetrahedron api, karena ini menambahkan reaksi rantai kimia ke item yang disebutkan sebelumnya.

Clean agent Halokarbon memecah reaksi rantai pembakaran tanpa hambatan dengan menghilangkan energi panas dari api di mana reaksi pembakaran tidak dapat berlangsung sendiri.

Clean agent gas inert menurunkan oksigen ke titik di mana api tidak dapat bertahan sendiri.

Keuntungan clean agent:

  • Keamanan: Clean agent tidak beracun dan tidak korosif. Artinya, mereka aman digunakan di lingkungan tempat orang berada
  • Kerusakan Minimal: clean agent tidak mengandung air dan tidak mengandung bubuk atau partikel halus. Jadi tidak ada kerusakan yang terjadi selama penggunaannya dan aman digunakan untuk melindungi teknologi sensitif, elektronik, dan aset bernilai tinggi
  • Zero Clean-Up: Ketika sistem Clean agent dibuang, ia tidak meninggalkan residu apa pun, jadi tidak ada pembersihan yang perlu dikhawatirkan
  • Waktu Henti Minimal: Tanpa kerusakan dan pembersihan, aset dapat dicadangkan dan dijalankan dengan waktu henti yang sangat sedikit
  • Efektif: Dapat mengatasi kebakaran Kelas A, B, dan C.

Apa itu Clean Agent halokarbon dan gas inert?

Ini adalah dua keluarga utama Clean Agent. Untuk menjelaskan perbedaannya secara lebih rinci, sebaiknya uraikan contoh, standar, dan pengujian untuk masing-masing.

Clean Agent Halokarbon

Alat pemadam api berbentuk gas yang termasuk sebagai komponen utama, satu atau lebih senyawa organik yang mengandung unsur fluor, klor, brom, dan yodium (harap diperhatikan bahwa unsur-unsur tertentu yang disebutkan sebelumnya tidak diizinkan dalam penggunaan clean agent ODP nol).

Sistem ini biasanya disimpan sebagai cairan dalam wadah bertekanan super dan dibuang sebagai gas.

Contoh UmumFK-5-1-12, HFC-125, HFC-227ea
Standar Desain UmumNFPA 2001, BS EN 15004, ISO 14520, VdS 2381
Skema Persetujuan UmumLPCB, FM, UL, VdS
Standar Tes UmumLPS 1230 / 1666, FM 5600, UL 2166, VdS 2344 / 2454
Clean Agent Gas Inert

Alat pemadam api berbentuk gas yang termasuk sebagai komponen utama, satu atau lebih gas elementer seperti argon dan nitrogen. Campuran gas inert mungkin juga mengandung karbon dioksida sebagai komponen sekunder.

Sistem ini biasanya disimpan pada tekanan tinggi sebagai gas dalam silinder tanpa sambungan.

Contoh UmumIG-55, IG-541, IG-01, IG-100
Standar Desain UmumNFPA 2001, BS EN 15004, ISO 14520, VdS 2380
Skema Persetujuan UmumLPCB, FM, UL, VdS 
Standar Tes UmumLPS 1230, FM 5600, UL 2127, VdS 2344 / 2454

Clean agent apa yang di gunakan Reacton ?

Rangkaian Clean Agent Reacton terdiri dari Cairan Proteksi Kebakaran 3M ™ Novec ™ 1230 dan pemadam api tanpa air FM-200 ™ dari Chemours ™. Ini adalah gas cair paling tepercaya dan teruji di pasaran, dengan semua pasokan hanya melalui nama-nama terbesar di industri terkait Clean Agent.

Semua media pemadam Reacton Clean Agent memiliki persetujuan berikut:

  • Underwriters Laboratories (UL)
  • Underwriters Laboratories of Canada (ULC)
  • Factory Mutual (FM)
  • Significant New Alternatives Policy (SNAP) listed through the United States Environment Protection Agency (US EPA)

Semua produk diakui dan terdaftar dalam standar seperti ISO 14520 dan NFPA 2001.

* Untuk keperluan artikel ini, kami telah menghilangkan CO2 karena langkah-langkah keamanan tambahan yang diperlukan dan dicakup oleh standar yang berbeda dari produk yang disebutkan di atas, seperti NFPA 12, BS 5306-4, dan ISO 6183.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *