Agen Pemadam pada Off-road Vehicle

Written by:

Sistem pemadam api yang tepat adalah menentukan jenis agen yang diperlukan untuk berhasil memadamkan kebakaran kendaraan off-road. Efektivitas setiap jenis agen bergantung pada risiko yang diidentifikasi dalam Evaluasi Risiko Kebakaran. Agen pemadam api bekerja dengan beberapa cara – entah dengan memisahkan bahan bakar dan udara, menyerap panas dari pembakaran, atau mengurangi konsentrasi oksigen di sekitar api. Ada dua jenis agen utama yang biasa digunakan untuk melindungi kendaraan off-road, yaitu Dry chemical (bahan kimia kering) dan Wet Chemical (bahan kimia basah). Agen pemadam api ini terbukti paling efektif untuk jenis kebakaran yang umum terjadi pada kendaraan dan peralatan bergerak.

Dry Chemical

Dry Powder (bubuk kering) adalah agen pemadam api yang luar biasa karena kemampuannya dalam memadamkan api dengan cepat dan kemampuannya dalam mengatasi kebakaran tersembunyi yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh medium lain. ABC Dry Powder adalah medium pemadaman kebakaran yang sangat efektif dan digunakan di area-area di mana penggunaan proteksi berbasis air tidak ideal.

Agen pemadam ini tidak konduktif secara listrik dan oleh karena itu dapat dengan aman melindungi dari bahaya listrik bersama dengan risiko Kelas A atau B lainnya

Dry Powder memberikan area pemadaman yang luas karena ukuran partikelnya, dapat dengan cepat membuat api menghabiskan energinya untuk memanaskan partikel. Dry Powder juga akan memberikan hambatan kimia, bereaksi dengan radikal dan menghentikan proses pembakaran kimia. ABC Dry Powder efektif untuk kebakaran Kelas A, Kelas B & Kelas C/E (Listrik).

Kelebihan: Bubuk ini stabil pada suhu ekstrem tinggi dan rendah dan sangat cocok untuk pemadam api kendaraan. Serta terbukti efektif pada semua kelas kebakaran, pemadaman cepat, kompak dan ringan.

Kekurangan: Meinggalkan residu sehingga membutuhkan pembersihan setelah pemadaman.

Wet Chemical

Kimia Basah memiliki sifat pembentukan film yang tahan lama dan pemadam serta pemisahan oksigen dari sumber bahan bakar. Sebagai cairan, ia akan mengalir ke lokasi yang sama dengan cairan mudah terbakar, memberikan perlindungan di area-area penting. Solusi Kimia Basah Reacton menampilkan pendinginan superior bersama dengan laju aplikasi yang lebih lama daripada agen lain, menawarkan tingkat perlindungan yang sangat tinggi terhadap kembali menyala.

Wet Chemical adalah agen pemadaman pilihan untuk mencegah kembali menyala dari permukaan yang sangat panas.

Wet Chemical System Reacton tidak dimaksudkan sebagai agen pemadam primer dalam aplikasi Kendaraan On Road & Off Road. Oleh karena itu, sistem ini hanya sebaiknya digunakan bersama dengan sistem Dry Powder. Sistem ini dirancang untuk memberikan perlindungan sekunder terhadap kembali menyala dan perlindungan terhadap kebakaran kolam cairan mudah terbakar. Wet Chemical tidak boleh dipertimbangkan untuk pemadaman risiko listrik dan bahan-bahan yang bereaksi dengan air.

Kelebihan: Berfungsi sebagai pemadam api dan pendingin. Fitur pendinginan memungkinkan agen untuk menekan kembali menyalanya api dari kebakaran mesin yang sangat panas.

Kekurangan: Keterbatasan dalam hal aplikasi khusus atau kompatibilitas dengan beberapa jenis peralatan atau lingkungan tertentu seperti Kebakaran kelas A dan B.