Pemadam Kebakaran Otomatis pada Panel Listrik

Perlindungan Kebakaran pada Panel Listrik dengan Reacton Fire Suppression

Written by:

Kenapa Panel Listrik butuh Pemadam Kebakaran Otomatis ?

Panel listrik merupakan kabin tempat komponen seperti switchgear dan kabel digunakan bersama untuk distribusi dan transmisi listrik ke sistem pada sebuah bangunan atau gedung. Panel listrik biasanya ditemukan di gedung bertingkat, pusat perbelanjaan, rumah sakit, restoran, dan tempat komersial lainnya. Panel listrik dapat menjadi penyebab terbakarnya suatu bangunan atau gedung karena adanya hubungan arus pendek atau korsleting, peralatan listrik yang rusak seperti koneksi yang salah, outlet dan sirkuit yang kelebihan beban, dan kabel yang longgar atau kabel yang tidak sesuai dengan kode pada panel listrik.

Korsleting listrik atau korsleting masih menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran. Korsleting listrik tersebut selalu sering kali diawali dari Panel listrik, yang menjadi pembagi arus listrik ke semua peralatan listrik di dalam gedung atau manufaktur.
Banyak berita kebakaran terjadi di Indonesia pada berbagai industri yang menyatakan bahwa mayoritas penyebab kebakaran akibat panel listrik. Seperti berita yang ada dibawah:

Perlindungan pada panel listrik amat sangat penting karena panel listrik merupakan sumber utama energi listrik pada suatu gedung. Jika terjadi kebakaran pada panel listrik dapat mempengaruhi seluruh operasional yang ada pada suatu gedung hingga dalam kasus terburuk dapat menyebabkan hilangnya nyawa atau cidera. Lalu proteksi apa yang tepat untuk mencegah jika adanya kebakaran pada panel listrik?

Kenapa harus Reacton Fire Suppression System ?

Kebakaran pada kelas C merupakan kebakaran instalasi listrik bertegangan tinggi seperti Panel Listrik biasanya tidak terlihat dan terjadi di ruang tertutup. Sehingga perlu adanya sistem pemadam kebakaran untuk panel listrik yang handal dan siap untuk melindungi bangunan dan aset Anda dari bahaya kebakaran selama 24/7 .

Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis kami menggunakan Reacton Fire Suppression, telah terbukti handal dan telah teruji dapat bekerja tanpa tenaga listrik serta dalam konfigurasi yang sepenuhnya otonom tanpa kesalahan alarm. Memiliki standar pengujian secara akurat yang telah memverifikasi kinerja sistem ini, yang mencakup pengujian kebakaran yang terperinci dan spesifik, pengujian pelepasan media pemadam & aliran bersama dengan pengujian suhu, peyimpanan yang lama, kebocoran, ledakan, dan korosi.
Fitur sistem pada Panel Listrik kami telah tersertifikasi meliputi:
– Sistem & komponen diuji oleh laboratorium terkemuka
– Sistem bersertifikat dan pengujian kebocoran komponen
– Sistem bersertifikat dan pengujian komponen tahan lama
– Sistem bersertifikat dan pengujian korosi komponen
– Pengujian & analisis tabung deteksi bersertifikat

Bagaimana Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis Bekerja ?

Direct System

Dengan menggunakan Direct System atau Sistem Langsung, pipa deteksi sistem pneumatik secara khusus dipasang di dekat bahaya yang teridentifikasi di dalam panel tertutup. Ketika api terdeteksi, sistem akan aktif dan bahan pencegah kebakaran di dalam silinder melepaskan diri dengan cepat ke titik api atau tempat kebakaran. Penerapan yang cepat ini secara signifikan meningkatkan kemungkinan mengembalikan aset ke perintah kerja penuh dengan waktu henti yang minimal.

Sistem ini menggunakan spesialis clean agent yang membuat pemadaman cepat, tidak meninggalkan residu sehingga minim pembersihan, tidak korosif dan sama sekali tidak konduktif. Rangkaian clean agent Reacton terdiri dari Cairan Perlindungan Kebakaran 3M ™ Novec ™ 1230 dan pemadam api tanpa air FM-200 ™ dari Chemours ™.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim Liotec sekarang!