Media Pemadam Panel Listrik

Media Pemadam pada Kebakaran Panel Listrik

Written by:

Kebakaran kelas C terjadi pada instalasi listrik bertegangan. Kebakaran kelas C biasanya terjadi karena korsleting listrik yang memunculkan percikan api sehingga membakar benda di sekitarnya, misalnya kebakaran pada panel listrik ataupun ruangan server yang memiliki banyak peralatan listrik di dalamnya. Kebakaran kelas C tidak boleh dipadamkan dengan menggunakan air, karena air merupakan penghantar listrik yang dapat membahayakan dan menyebabkan orang di sekitar tersengat listrik. Berikut 3 jenis media pemadam yang biasa digunakan pada sistem pemadam kebakaran otomatis untuk panel listrik:

1. CO2

Agen pemadam dengan media pemadam CO2 (Carbon Dioxide) merupakan media pemadam yang paling sering digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran C, karena CO2 disini menutup akses oksigen yang menjadi salah satu elemen api. Selain itu, CO2 yang disemprotkan mampu menekan suhu panas api untuk proses pemadaman yang efektif. Media pemadam ini aman untuk memadamkan api pada komponen elektrikal karena bersifat non-konduktor.

2. Dry Powder

Agen pemadam dengan media pemadam dry powder dapat digunakan di berbagai kelas kebakaran, mulai dari kelas kebakaran A, B, hingga C. Media pemadam powder mampu memadamkan api pada panel listrik. Namun, media pemadam ini meninggalkan residu sehingga perlu diperhatikan karena dapat berdampak buruk bagi komponen-komponen panel listrik. Media kimia kering ini perlu dibersihkan sesegera mungkin agar tidak membuat panel listrik terkena korosif.

3. FM-200™

Media pemadam ini merupakan gas alternatif pertama yang aman untuk manusia dan tidak merusak lapisan ozon dengan menggunakan gas HFC-227ea. FM200 adalah gas ramah lingkungan yang tidak berwarna (colorless), tidak berbau (odorless), tidak meninggalkan residu (non-residue), dan tidak menyebabkan korosi (non-corrosive). Gas pemadam ini biasa digunakan pada pemadam kebakaran ruang tertutup (enclosures) yang bersifat non-konduktor.

Setelah Anda mengetahui media pemadam apa saja yang biasa digunakan pada Sistem pemadam kebakaran pada Panel Listrik, segera berikan perlindungan pada Panel Listrik Anda dengan menggunakan media pemadam yang aman dan tepat untuk menjaga keamanan aset Anda. Hubungi Kami PT Liotec Mitra Utama untuk solusi perlindungan pada Panel Listrik Anda.