Fire Suppression System

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Memerlukan Fire Suppression System?

Written by:

Jika Anda memiliki bangunan, bisnis, atau peran penting dalam industri yang berisiko kebakaran tinggi, penting untuk tahu apakah Anda perlu sistem pemadam kebakaran. Biasanya, sistem ini diperlukan untuk mendeteksi kebakaran dengan cepat dan secara otomatis menyala, sebelum peralatan atau karyawan terancam bahaya.

Namun, bagaimana cara menentukan apakah Fire Suppression System diperlukan? Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Fire Suppression System dan bagaimana Anda dapat menentukan kebutuhan akan sistem tersebut.

Apa itu Fire Suppression

System?

Sebagai bagian yang sangat penting dalam menjaga keamanan karyawan dan peralatan dari kerusakan akibat kebakaran, Fire Suppression System (Sistem Pemadam Kebakaran) dirancang dengan tujuan memadamkan kebakaran secepat mungkin dan mencegah penyebarannya. Sistem ini bekerja dengan mengaktifkan diri ketika tingkat panas atau asap mencapai tingkat tertentu. Walaupun sebagian besar sistem pemadam kebakaran dapat mengaktifkan diri secara otomatis, ada juga yang dapat diaktifkan secara manual.

Ketika diaktifkan, sistem pemadam kebakaran secara langsung melepaskan agen pemadam kebakaran untuk meredam kebakaran dan menghentikannya. Beberapa agen pemadam kebakaran umum meliputi 3M™ Novec 1230™ Fire Protection Fluid, FM-200™, CO2, Purple K BC Dry Chemical Powder, dan ABC Dry Chemical Powder.

Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis pada Mesin CNC
Perbedaan Sistem Pencegah Kebakaran Otomatis dan Sistem Sprinkler

Penting untuk memiliki perlengkapan pemadam kebakaran yang sesuai guna melindungi properti Anda dari risiko kebakaran. Meskipun sebagian besar gedung perkantoran, toko, dan bangunan komersial sudah dilengkapi dengan sistem semprotan kebakaran, namun pilihan ini tidak selalu menjadi yang teraman.

Sebaliknya, penggunaan air dapat menyebabkan kerusakan yang setara dengan kebakaran dan asap, terutama pada dokumen kertas yang rapuh, dokumen yang tidak dapat digantikan, dan perangkat telekomunikasi yang sensitif. Selain itu, beberapa jenis kebakaran bersifat sangat tidak efisien dan bahkan dapat semakin meluas jika terkena semprotan air.

Kapan Fire Suppression System Diperlukan?

Sistem pemadam kebakaran digunakan di banyak pengaturan industri dan komersial di mana sistem semprotan atau sistem lain untuk memadamkan api tidak sesuai. Tempat-tempat umum di mana sistem pemadam kebakaran mungkin diperlukan meliputi:

Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis pada Mesin CNC

Permesinan dan Manufaktur

Logam eksotis, proses berkecepatan tinggi, pendingin berbasis minyak yang mudah terbakar, dan elemen lain yang meningkatkan bahaya kebakaran hadir dalam lingkungan manufaktur dan pemesinan. Mati lampu atau operasi dengan pengawasan staf yang minim membuat bahaya ini menjadi lebih rumit. Di sini, kebutuhan akan sistem pemadam kebakaran menjadi suatu keharusan untuk operasi yang lancar. Sebagian besar waktu, kebakaran Kelas B (cairan mudah terbakar) dan Kelas D (logam mudah terbakar) terjadi di sini, di mana air mungkin tidak efektif. Sistem pemadam kebakaran sering diperlukan untuk memadamkan kebakaran dengan cepat dan aman, melindungi baik orang maupun peralatan berharga.

Turbin Angin

Meskipun pembuat turbin berusaha keras untuk mencegah kebakaran, tidak mungkin menghilangkan kemungkinan kebakaran. Jika kebakaran di nacelle tidak segera ditemukan dan dipadamkan, seluruh unit bisa hancur, yang akan menghabiskan jutaan dolar untuk perbaikan. Sistem deteksi dan pemadam kebakaran otomatis dapat ditemukan di turbin angin. Sistem pemadam kebakaran juga dibuat dengan clean agent yang menguap tanpa meninggalkan residu, menjadikannya aman digunakan di sekitar peralatan mekanis dan listrik.

Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis pada Panel Listrik

Panel Listrik

Peralatan listrik memiliki potensi tinggi untuk kebakaran, mulai dari busur hingga berbagai jenis disfungsi. Kebakaran panel listrik dapat menyebabkan waktu henti yang signifikan, tergantung pada parahnya kerusakan yang disebabkannya, tanpa menyebut biaya perbaikan peralatan.

Kebakaran panel listrik juga kompleks karena dua alasan utama. Pertama, kebakaran listrik tidak dapat dipadamkan dengan air, yang menghilangkan kemungkinan penggunaan sistem semprotan. Kedua, jenis agen pemadam kebakaran yang salah dapat merusak panel. Di sinilah sistem pemadam kebakaran dengan clean agent yang tidak merusak peralatan menjadi penting. Clean agent ramah peralatan dan tidak bersifat konduktif, serta aman digunakan di sekitar orang.

Ground Support Equipment (GSE)

Peralatan pendukung darat sering kali beroperasi dekat dengan pesawat, pekerja bandara, dan penumpang. Setelah mendarat, Ground Support Equipment (GSE) mengambil peran penting dalam menjaga pesawat di darat. Di seluruh dunia, maskapai, bandara, dan perusahaan kargo bergantung pada GSE untuk menjaga keselamatan dan jadwal penerbangan. Namun, dekatnya GSE dengan aset berharga menggarisbawahi pentingnya perlindungan dari risiko kebakaran. Kebakaran bisa melumpuhkan operasi dan menimbulkan konsekuensi serius.

PT Liotec Mitra Utama dapat memberikan solusi dalam perlindungan yang tepat untuk unit/aset Anda, Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut mengenai Fire Suppression System!