KENAPA PERLU PEMADAM KEBAKARAN UNTUK KENDARAAN BUS DAN ANGKUTAN WISATA

Di Indonesia Bus dan Angkutan wisata adalah salah satu kendaraan yang sering digunakan untuk berpergian  jarak jauh. Ada beberapa alasan kenapa memilih bus dan angkutan wisata sebagai sarana transportasi, salah satunya yaitu menjadi opsi terbaik untuk tranportasi umum jalur darat jarak jauh dengan kapasitas penumpang yang lebih banyak.

kebanyakan orang kurang peduli akan keselamatan saat bepergian jauh dengan bus atau angkutan wisata. Kurangnya edukasi membuat pemilik dan pengguna sarana hanya memberikan perhatian akan keselamatan hanya kepada Driver (supir) bus atau angkutan wisata agar driver tidak bertindak tidak aman (unsafe action) saat berkendara tanpa memperhatikan potensi risiko-risiko lainnya.

Mesin yang terus bekerja dapat menghasilkan panas dan arus listrik sehingga di dalam kabin mesin dapat terjadi korsleting yang menjadi pemantik kebakaran, ditambah mesin dan arus listrik yang bekerja berada dalam ruang yang memiliki cukup kadar oksigen dan bahan bakar yang membuat bergabungnya 3 unsur pembentuk API. APAR kovensional biasa mengambil peran sebagai proteksi kebakaran di bus dan angkutan wisata ini, tapi apakah APAR konvensional saja akan efektif dalam kasus ini ?

APAR konvensional sudah tidak asing lagi dalam penggunaannya yaitu butuh seseorang yang hadir secara fisik dan kompeten untuk dapat melakukan intervensi. Ini yang membuat APAR menjadi tidak terlalu efektif untuk kendaraan bus dan angkutan wisata. Khususnya karena area seperti  di bagian kabin mesin yang memiliki potensi risiko munculnya api tidak terawasi saat kendaraan sedang berjalan.

Kebakaran bus dan Angkutan wisata adalah kejadian yang sudah menjadi umum. Itu sebabnya bus dan / atau angkutan wisata sudah seharusnya lebih memperhatikan potensi risiko terjadinya kebakaran ini. Banyak nyawa dan aset bernilai tinggi yang berpotensi berisiko.

Bisa melihat beberapa berita dari media nasional dibawah ini (silahkan klik berita) :

Begini Kronologi Kebakaran Bus di Bandara Ngurah Rai Bali

Dugaan kebakaran Bus berasal dari korsleting arus listrik di bagian kabin mesin yang menyebabkan kerugian materi sekitar Rp500 juta

“(Diduga) Akibat korsleting kabel bodi dan kabel aki mobil, sehingga mengeluarkan percikan api dan membakar mesin kendaraan bus tersebut yang berada di belakang posisi kendaraan,” kata dia ketika dikonfirmasi wartawan

Bus Kramat Jati Terbakar di Tol Cipali

Kenapa harus sistem pemadam kebakaran otomatis REACTON ?

Investigasi terperinci dari otoritas transportasi terkemuka & badan perlindungan kebakaran mempromosikan pemasangan Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis pada Bus & angkutan untuk mencoba mengurangi risiko terhadap kehidupan manusia.

Persyaratan tersebut dapat dilihat dengan akreditasi seperti P-Mark SPCR 183 yang dikeluarkan oleh RISE (Research Institutes of Sweden AB) dan Regulasi wajib UNECE 107. Reacton® dapat sepenuhnya mendukung ini dengan berbagai sistem yang disetujui, semuanya mencetak nilai kelulusan setinggi mungkin. Sistem pemadaman kebakaran Reacton untuk bus bekerja seperti yang diharapkan dan lulus semua tes yang tersedia untuk mendapatkan nilai 10, yang memberikan sistem peringkat A +. Bisa di cek disini

Sistem pemadam kebakaran otomatis kendaraan Reacton® akan mendeteksi dan mengirimkan agen pemadam pada kesempatan paling awal dan meminimalkan penyebaran api dan risiko kepada penumpang.

Kenapa harus Dry Powder sebagai media pemadamnya ?

Kita menyadari bahwa Dry Powder adalah solusi yang telah dicoba dan diuji untuk pemadaman kebakaran pada mesin. Dry Powder atau Dry Chemical adalah agen pencegah kebakaran otomatis yang luar biasa karena kapabilitasnya yang cepat mematikan dan kemampuannya untuk mengatasi kebakaran tersembunyi yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh media lain. Sistem pemadaman kebakaran Reacton® CTX Indirect ™ menggunakan FUREX 770 ABC Dry Powder yang merupakan Mono Ammonium Phosphate (NH4H2PO4). Reacton® memilih varian bermutu tinggi dari ABC Dry Powder yang memiliki kandungan Mono Ammonium Phosphate (MAP) tinggi dan dilapisi silikon untuk sifat tahan air dan aliran terfluidisasi. Ini stabil pada suhu yang sangat tinggi dan rendah dan cocok untuk pemadaman kebakaran kendaraan.

ABC Dry Powder adalah media pemadam kebakaran yang sangat efektif dan digunakan di area di mana perlindungan berbasis air tidak ideal. Ini secara elektrik non-konduktif dan oleh karena itu dapat dengan aman melindungi bahaya kelistrikan Anda bersama dengan risiko Kelas A atau B.

Hubungi kami, kami akan memberikan solusi berupa Reacton® CTX Indirect™ untuk kendaraan bus & angkutan wisata Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *