Mengenal Clean Agent pada APAR

Saat mengenal Sistem Pemadam Kebakaran / Fire Suppression System, Anda juga akan mengenal banyak agent yg tersedia di pasaran. Tiap agent pemadam kebakaran ada kelebihan dan kekurangannya, dan masing-masing cocok untuk berbagai kelas api yang berbeda. Sebagai spesialis dalam Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis / Automatic Fire Suppression System, kami sering menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang agent apa yang terbaik untuk tiap pengaplikasian, dan satu topik yang sering muncul adalah tentang clean agent. Ini semua yang perlu Anda tahu tentang clean agent, mulai dari fungsinya hingga cara kerjanya:

Apa itu Clean Agent?

Clean agent adalah jenis agent pemadam kebakaran yang secara elektrik non-konduktif, mudah menguap, atau gas, dan yang tidak meninggalkan residu pada penguapan. Sistem pencegah kebakaran clean agent memanfaatkan gas inert atau bahan kimia yang disimpan dalam tempat dan dibuang ketika kebakaran terdeteksi.

Jenis Fire suppression agent ini diberi nama, “clean agent“, dari fakta bahwa agent tidak meninggalkan residu, tetapi juga karena sebagian besar clean agent secara signifikan lebih ramah lingkungan daripada opsi lain.

3 Jenis Clean Agent yang Umum digunakan

Ada banyak clean agent di pasaran, tetapi tiga agent yang paling umum digunakan untuk pemadaman kebakaran adalah gas inert, FM-200, dan Novec 1230. Mari kita lihat sekilas bagaimana ketiga clean agent yang berbeda ini bekerja memadamkan api.

  • Ansul Inergen: bahan yang digunakan ada tiga, gas inert — nitrogen, argon, dan karbon dioksida. Clean agent ini bekerja dengan menurunkan kandungan oksigen pada ruangan di bawah tingkat yang tidak lagi mendukung terjadinya kebakaran (pelajari lebih lanjut tentang unsur yang terdapat dalam api), tetapi manusia tetap dapat bernafas. Ini menjadikannya agent pemadam yang aman bagi lingkungan dan manusia.
  • FM-200: Gas yang tidak beracun, tidak berwarna yang menggunakan adsorpsi panas untuk memadamkan api. FM-200 menghilangkan elemen panas dari api, tidak meninggalkan residu, aset Anda akan aman dan juga aman terhadap manusia.
  • 3M Novec 1230: Novec 1230 adalah zat lain yang tidak berwarna dan tidak beracun yang sering digunakan dalam aplikasi dengan peralatan elektronik yang sensitif. Cairan ini memadamkan api dengan aman tanpa merusak aset penting yang bernilai tinggi, serta aman bagi manusia dan lingkungan.

Apa Manfaat Sistem Pemadam Kebakaran / Fire Suppression Clean Agent?

Mengapa bisnis atau organisasi Anda harus mempertimbangkan untuk memilih clean agent untuk fire suppression? Walaupun semua agent memiliki pro dan kontra, clean agent adalah salah satu agent pemadam kebakaran dengan minim perawatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari penerapan sistem pemadam kebakaran dengan clean agent:

  • Keamanan: Clean agent tidak beracun dan tidak korosif. Ini berarti aman untuk digunakan di area yang melibatkan manusia.
  • Tidak Merusak Aset: Karena clean agent sistem pemadam kebakaran tidak menggunakan air atau bubuk, maka tidak menyebabkan kerusakan apa pun. Aman diaplikasikan dengan teknologi sensitif, elektronik, dan aset bernilai tinggi.
  • Tidak Perlu Dibersihkan: Clean agent tidak meninggalkan residu. Itu berarti bahwa setelah sistem aktif, Anda tidak perlu khawatir tentang pembersihan berkelanjutan.
  • Minimal Downtime: Tanpa kerusakan parah dan pembersihan, mudah bagi Anda untuk kembali beroperasi.
  • Cepat: Sistem clean agent bekerja dalam hitungan detik. Karena dapat memadamkan api secara efektif.

Memahami Clean Agent dan Lingkungan

Banyak agent pemadam kebakaran sangat bagus untuk memadamkan api, tetapi tidak selalu yang terbaik untuk lingkungan. Beberapa agent dapat berkontribusi terhadap penipisan ozon, sementara yang lain mengandung beberapa sifat beracun yang tidak aman bagi manusia atau planet ini. Jadi ada baiknya mengetahui bahwa agent yang akan digunakan aman bagi lingkungan.

Clean agent” adalah agent yang benar-benar aman bagi lingkungan / nol potensi terhadap penipisan ozon. Clean agent juga tidak beracun dan tidak korosif. Yang akhirnya, hilang sendiri dengan cepat, sesaat setelah api dipadamkan. Clean agent juga tidak mencemari lingkungan.

Clean agent adalah pilihan pemadaman api yang efektif untuk berbagai pengaplikasian. Jika Anda tertarik untuk menggunakan clean agent, ketahuilah bahwa pilihan Anda akan membantu melindungi lingkungan, sambil tetap menjaga keamanan aset Anda. Tim Liotec akan senang membantu Anda beralih menggunakan Clean agent.

Hubungi kami

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *