Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Automatic Lubrication System

Dalam studi yang dilakukan produsen-produsen komponen, cara pelumasan yang salah menyebabkan 53% kerusakan pada bearing, yang menyebabkan mesin industri berhenti bekerja dan munculnya biaya tidak terduga yang meliputi, penggantian bearing, tenaga kerja untuk penggantian bearing, dan downtime yang tidak dapat ditentukan akan berpengaruh buruk kepada komitmen anda terhadap customer.
Penyebab umum terjadinya kerusakan pada mesin industri ini disebabkan karena adanya kotoran atau debu yang ikut masuk kedalam area-area pelumasan saat memasukan pelumas secara manual.

Dan melumasi secara manual juga dapat menyebabkan pelumasan yang tidak merata atau berlebih di titik-titik tertentu yang secara tidak langsung memakan biaya lebih mahal karena adanya pelumas yang terbuang.

Sistem Pelumasan Otomatis (ALS) membantu memangkas biaya-biaya ini. ALS secara otomatis melumasi titik-titik pada mesin dari pompa / unit kontrol yang dipasang di lokasi yang mudah dijangkau. Sistem ini akan mengeluarkan pelumas dalam jumlah yang terukur dalam selang waktu yang teratur agar konsisten melumasi titik-titik mesin secara merata saat mesin Anda beroperasi. Berbeda jika dibandingkan dengan pelumasan yang dilakukan secara manual yang biasanya dilakukan “saat ada waktu.”

6 Manfaat sistem pelumasan otomatis

1) Keamanan

ALS membantu memudahkan dengan tanpa harus ke area-area mesin yang sulit dijangkau, dan di tempat kerja saat ini, keselamatan pekerja selalu menjadi pertimbangan utama.

2) Efisien

ALS menyalurkan pelumas saat mesin beroperasi sehingga Anda tidak perlu menghentikan pekerjaan hanya untuk pelumasan – dengan kata lain, downtime yang lebih sedikit.

3) Pelumasan Yang Lebih Baik

Grease atau oli paling efektif bila disalurkan dalam jumlah yang pas dan terukur dalam interval waktu yang singkat dan sering. Sayangnya, “kurangnya waktu”, kendala tenaga manusia atau dalam beberapa kasus lokasi area yang susah seringkali membuat metode pelumasan tidak memungkinkan. Maka mesin dilumasi saat mesin tidak bekerja dan saat “ada waktu” dan membutuhkan tenaga manusia. Jelas, ini tidak optimal untuk mesin Anda. Dengan ALS masalah ini akan terselesaikan.

4) Ukuran Yang Pas

Tidak ada pelumasan yang berlebihan / kurang, berarti tidak akan terlalu banyak tumpahan dan kebocoran pelumas disekitar area mesin. Selain itu juga akan terlihat lebih bersih dan terhindar dari bahaya terpeleset yang disebabkan tumpahan pelumas.

5) Meningkatkan Produktivitas Secara Keseluruhan

Menghasilkan peningkatan ketersediaan alat berat dan mengurangi downtime karena kerusakan atau maintenance.

6) Umur Mesin Lebih Panjang

Karena titik-titik area mesin Anda dilumasi secara konsisten, maka mesin secara umum lebih terawat.

Terdapat 3 komponen penting pada Automatic Lubrication System meliputi:

1. Pompa grease dan reservoir sebagai penyimpan dan penyedia lubricant system
2. Controller untuk mengaktifkan sistem
3. Dividers untuk menyuplai pelumas ke titik-titik pelumasan dengan jumlah yang tepat

Sistem Pelumasan Otomatis ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga jenis yang berbeda dan dapat terbagi dalam komponen yang sama.

Single Line Resistive Orifice Systems: sistem ini menjaga peralatan mesin kecil hingga menengah tetap berjalan lancar dan halus. Pompa grease mengukur jumlah pelumas yang masuk disetiap bearing point dalam waktu yang ditentukan. Begitu selesai, timer mengatur ulang kembali waktu untuk siklus selanjutnya

Single line parallel Systems: pada sistem ini, pompa membangun tekanan untuk memicu metering piston dan memberikan jumlah pelumas yang tepat ke bearing. Setelah tekanan switch atau run time selesai, sistem tekanan berventilasi dan me-reset untuk siklus berikutnya.

Series Progressive Systems: saat pelumas mengalir melalui block, metering piston bergerak ke satu sisi secara berurutan dari inlet sampai akhir tiap saat pelumas disuplai. Jika ada penyumbatan atau terlalu banyak tekanan pada sistem untuk diatasi, siklus berhenti.

Sebagai penutup, Sistem Pelumasan Otomatis adalah alat yang penting selain mengurangi biaya langsung dan tidak langsung, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih. Tetapi Anda perlu memahami cara kerjanya, berbagai jenis sistem yang tersedia, dan jenis mana yang paling sesuai dengan operasi perusahaan Anda. Yang paling penting dari semuanya, Jangan ragu untuk bertanya tentang apa yang Anda baca pada artikel ini pada kami. Kami akan membantu anda memilih Sistem Pelumasan Otomatis (ALS) yang tepat yang akan membantu memelihara mesin Anda, mengurangi biaya, dan meningkatkan produktivitas Anda untuk tahun-tahun mendatang.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *