Sistem Pelumasan Otomatis Pada Industri Makanan & Minuman

Mengoptimalkan Efisiensi Produksi: Strategi Pelumasan Terbaik untuk Industri Makanan & Minuman

Written by:

Industri Makanan & Minuman

Mesin dan sistem pada industri makanan harus beroperasi secara optimal bahkan dalam kondisi penggunaan yang sangat ekstrem. Kelembaban, kontaminasi, suhu tinggi, dan kelembaban relatif tinggi memberikan tekanan pada komponen-komponen sistem dan memiliki dampak yang signifikan pada umur pakai bantalan dan rantai. Pada umumnya, di industri makanan, melibatkan sistem produksi massal, di mana setiap waktu henti berarti kerugian produksi yang tinggi. Bahkan di pabrik minuman modern, sistem rantai atau konveyor beroperasi 24 jam sehari, dan pelumasan kontinu secara signifikan meningkatkan kehandalan dan masa pakai.

Sistem ILC dirancang untuk memenuhi standar ketat di industri makanan & minuman. Dengan menggunakan progresif system yang dapat diandalkan, memungkinkan distribusi oli atau grease disalurkan oleh pompa piston melalui divider ke beberapa titik pelumasan. Pelumasan dilakukan secara teratur dengan tekanan maksimum 250 bar dalam interval waktu tertentu. Pompa ini dapat melumasi hingga tiga rangkaian berbeda, dengan masing-masing element pump, terdiri dari banyak titik pelumasan dengan pelumas. Sistem ini mudah dimonitor dan memastikan bahwa jumlah pelumas yang tepat disupply ke titik pelumasan.

Conveying Machinery
Glass Filling Machinery
Labelling Machinery
Bread Divider Machinery
  • Tidak korosif, light-weight housing pump terbuat dari resin yang diperkuat serat.
  • Motor pompa terlindung dari kerusakan dan kelembaban.
  • Reservoir 2, 4, 5, dan 8 liter.
  • 3 element pump berbeda dengan output tetap atau variabel.
  • Over-pressure valve – dilengkapi dengan indikator.
  • Dapat dikontrol oleh PLC atau sepenuhnya otomatis melalui circuit board terintegrasi.
  • Progressive metering device presisi tinggi dalam bentuk blok memungkinkan perbedaan tekanan 100 bar dan menghilangkan kebocoran.
  • Beberapa saluran progressive metering device dengan mudah dapat digabungkan secara internal tanpa perlu konektor eksternal.
  • Progressive metering device juga tersedia dalam stainless steel.

ILC-MAX adalah complete system yang telah dirakit dengan semua komponen kit dan overpressure valve yang sudah terpasang. Tidak diperlukan perakitan sistem seperti halnya pada sistem pelumasan umum. Titik-titik pelumasan dapat disuplai dengan grease NLGI 2 atau oli langsung dari pompa dengan harga terjangkau.

It’s Compact, ILC-MAX bukan hanya sekadar pompa, mencakup unit kontrol dan pemantauan serta blok divider. ILC-MAX memiliki semua komponen dan fungsi yang diperlukan untuk melumasi dengan tingkat profesional. Desain yang kompak mempermudah penemuan lokasi pemasangan, bahkan di tempat-tempat yang tidak terduga.

It’s Sturdy, ILC-MAX mungkin kecil, tetapi kinerjanya sangat tangguh. Ia dapat menangani suhu mulai dari -25°C hingga +70°C, berbagai posisi pemasangan, dan high pressure washdowns.

It’s Multi-tasking, ILC-MAX dilengkapi dengan kemampuan multi-tasking. Circuit board terintegrasi mengontrol waktu jeda dan operasi secara optimal, memantau fungsi untuk memastikan pelumas disalurkan, dan memungkinkan inisiasi siklus pelumasan tambahan. Semua pengaturan dilakukan dengan mudah melalui keypad, pengaturan dan pesan ditampilkan pada built-in display window.

Pelumasan yang tidak teratur dapat menyebabkan berhentinya mesin dan garis produksi secara mendadak, yang meningkatkan biaya pelumas dan pemeliharaan serta mempercepat keausan pada bearing dan titik gesek. Oleh karena itu, sistem pelumasan otomatis dan terpusat, seperti Sistem Pelumasan ILC, menjadi penting. Sistem ini menyediakan pelumasan teratur dengan mengirimkan pelumas secara otomatis ke semua titik terhubung dalam sistem. Pelumasan yang terdistribusi merata mengurangi gesekan dan keausan prematur, sambil meningkatkan keselamatan dengan menghilangkan akses manual ke titik pelumasan sulit dijangkau. Hal ini juga menghasilkan pengurangan biaya pemeliharaan dengan menghilangkan tugas manual yang memakan waktu dan melelahkan, serta mengurangi konsumsi pelumas.